Citra Produk
Mengingat semakin berkembangnya kemajuan teknologi di era globalisasi seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk dapat bertahan dan bersaing didunia bisnisnya. Salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan agar mampu bersaing adalah dengan menerapkan suatu penempatan (positioning) antara produk suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Dengan melakukan penempatan (positioning) produk, suatu produk akan membentuk citra produk tertentu di benak konsumen. Dalam usahanya untuk mampu bersaing dengan membentuk citra produk yang baik di benak konsumen.
Pada contoh ini yaitu persaingan antara kartu telepon seluler di Indonesia. Hal ini membuat perusahaan kartu telepon seluler juga melakukan penempatan (positioning) produk yang meliputi atribut produk, harga dan kualitas produk, penggunaan produk, pesaing produk, dan manfaat produk.
Hal ini untuk menjelaskan pengaruh penempatan (positioning) produk terhadap citra produk pada pengguna kartu telepon seluler di Indonesia. Pada saat ini beberapa produk kartu telepon seluler meramaikan iklan televisi nasional untuk berlomba-lomba menarik hati masyarakat Indonesia untuk memakai kartu telepon genggam tersebut. Dengan berlomba-lomba mempromosikan tarif telepon,sms,internet dengan tarif murah,dll. Hal itu dimaksudkan agar mendapat citra produk dengan kualitas yang bagus dengan harga atau tarif yang terjangkau bagi pengguna telepon seluler. Maka jika produk tersebut sudah mendapat citra produk yang baik bagi masyarakat,alhasil perusahaan akan mendapat keuntungannya.
Persaingan bisnis antara produk bukan menjadikan sebagai perlawanan melainkan menjadi acuan cara-cara perusahaan untuk berusaha menjadikan citra produknya diterima dengan baik oleh masyarakat. Untuk itu promosi sangat diperlukan untuk mempromosikan produknya dan meyakinkan masyarakat terhadap kartu telepon genggam tersebut. Namun promosi tidak boleh dilebih-lebihkan maupun dikurangkan agar kepercayaan masyarakat tidak hilang. Bagi perusahaan besar harus mempertahankan citra produknya,dan bagi perusahaan yang masih membutuhkan pelanggan atau yang belum sesuai target maka harus terus berusaha menempatkan produknya agar sejajar dengan perusahaan yang besar. Agar persaingan bisnis di Indonesia terus berkembang.
INGGRIS BISNIS 2
13 tahun yang lalu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar