Pengertian perilaku konsumen
Adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
Pengertian Gaya hidup
Gaya hidup adalah perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya. Gaya hidup merupakan frame of reference yang dipakai sesorang dalam bertingkah laku dan konsekuensinya akan membentuk pola perilaku tertentu.
Terutama bagaimana dia ingin dipersepsikan oleh orang lain, sehingga gaya hidup sangat berkaitan dengan bagaimana ia membentuk image di mata orang lain, berkaitan dengan status sosial yang disandangnya. Untuk merefleksikan image inilah, dibutuhkan simbol-simbol status tertentu, yang sangat berperan dalam mempengaruhi perilaku konsumsinya.
Fenomena ini pokok pangkalnya adalah stratifikasi sosial, sebuah struktur sosial yang terdiri lapisan-lapisan :
• dari lapisan teratas sampai lapisan terbawah.
• Dalam struktur masyarakat modern,
• status sosial haruslah diperjuangkan (achieved)
• dan bukannya karena diberi atau berdasarkan garis keturunan (ascribed).
Selayaknya status sosial merupakan penghargaan masyarakat atas prestasi yang dicapai oleh seseorang. Jika seseorang telah mencapai suatu prestasi tertentu, ia layak di tempatkan pada lapisan tertentu dalam masyarakatnya. Semua orang diharapkan mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih prestasi, dan melahirkan kompetisi untuk meraihnya.
Riset perilaku konsumen terhadap gaya hidup yaitu contohnya dalam penggunaan telepon genggam saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat. Pada awal kemunculan telepon genggam, barang tersebut awalnya merupakan barang yang mewah. Dan hanya dapat di beli oleh kalangan menengah ke atas. Akan tetapi saat ini memiliki telepon genggam bagi kalangan menengah ke bawah dapat tercapai karena sudah banyak telepon genggam dengan harga terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Fitur-fitur pada telepon genggam saat ini sudah mencangkup atau memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Alhasil, penggunaan telepon genggam saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi semua kalangan masyarakat.
INGGRIS BISNIS 2
13 tahun yang lalu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar