Selasa, 17 November 2009

MOTIVASI DAN GAYA HIDUP

Pengertian Motivasi

-Motivasi adalah dorongan untuk melakukan tindakan sesuatu sebagai usaha pemenuhan kebutuhan.
-Motivasi adalah keadaan kejiwaan dan sikap mental manusia yang memberikan energi mendorong kegiatan atau gerakan dan mengarah atau menyalurkan perilaku ke arah mencapai kebutuhan yang memberi kepuasan atau mengurangi ketidakseimbangan (Berellson dan Steiner, 2000).
-Motivasi adalah suatu kerelaan untuk berusaha seoptimal mungkin dalam pencapain tujuan organisasi yang dipengaruhi oleh kemampuan usaha untuk memuaskan beberapa kebutuhan individu ( Robbins Hasibuan, 2003).

Manusia perlu memenuhi kebutuhan-kebutuhan:
- Fisik : Lapar, haus, aktivitas, istirahat, santai, olahraga, dsb.
- Psikis : Agresi, preservasi, kasih sayang, tanggung jawab,kebebasan, jati diri, dsb
- Hasrat : Penerimaan, afiliasi, respek, status, apresiasi, sosialisasi, simpati, dsb.

Memahami motivasi seseorang tidaklah mudah. Karena keadaan itu merupakan situasi yang sifatnya sangat pribadi. Disamping itu, terlalu banyak variabel yang mempengaruhinya. Banyak teori dikembangkan untuk menjelaskan mmotivasi. Teori motivasi paling dikenal adalah teori kognitif tentang kebutuhan manusia dari Abraham H. Maslow (1973) dan Herzberg.

Teori Motivasi Kebutuhan Maslow :
Motivasi kegiatan seseorang adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pribadi yang bertingkat-tingkat (yaitu kebutuhan fisik, keamanan, sosialisasi, penghargaan, dan jati diri). Pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan secara progresif (dari tingkatan yang terbawah naik ke tingkatan yang diatasnya).

Teori Motivasi Dua-Faktor Herzberg :
Menurut Herzberg, motivasi seseorang melakukan kegiatan atau tindakan adalah untuk mencapai tingkat kepuasan (faktor motivasi) dan atau untuk menekan rasa ketidakpuasan (faktor hijienik).

Pengertian Gaya Hidup

Banyak definisi yang disodorkan mengenai gaya hidup. Gaya hidup adalah frame of reference yang dipakai seseorang dalam bertingkah laku dan konsekuensinya akan membentuk pola perilaku tertentu. Terutama bagaimana dia ingin dipersepsikan oleh orang lain, sehingga gaya hidup sangat berkaitan dengan bagaimana ia membentuk image di mata orang lain, berkaitan dengan status sosial yang diproyeksikannya. Gaya hidup didefinisikan sebagai cara hidup yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam lingkungannya (ketertarikan), dan apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga dunia di sekitarnya

Motivasi dan gaya hidup merupakan suatu sikap yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Misalnya pengaruh motivasi dan gaya hidup seseorang membaca koran. Bagi sebagian orang yang sangat suka sekali atau hobi membaca koran merupakan kegiatan yang sudah menjadi gaya hidup atau kebiasaan yang biasanya tiap hari dilakukan. Motivasi dari membaca koran yaitu ingin memperoleh pengetahuan-pengetahuan atau menambah ilmu yang lebih luas dan mendapatkan informasi atau berita yang lebih spesifik. Media cetak ini juga cukup terjangkau harganya dan mampu dipakai pada kalangan manapun. Selain harga yang terjangkau, koran juga dapat diperoleh dimana-mana meskipun dijalan raya sekalipun ada penjual yang menjualkan korannya. Koran merupakan media yang harganya terjangkau dari pada media audio visual atau televisi dan media cetak yang lain seperti majalah. Namun banyak juga orang yang tidak suka membaca melainkan lebih suka melihat atau mendengarkan informasi melalui media lain seperti televisi. Membaca koran lebih identik dengan suatu hal kegiatan yang biasanya dilakukan oleh orang tua, oleh karena itu untuk para generasi muda lebih ditingkatkan lagi budaya membaca agar memperoleh wawasan yang luas. Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi lain tidak hanya dari buku-buku saja tetapi koran juga banyak manfaatnya bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar