Selasa, 17 November 2009

segmentasi pasar

Penegertian Segmentasi :

Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Atau proses mengkelompokkan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam.
Produk dapat dirancang sesuai dengan masing-masing segmen pasar yang berbeda. Dengan karakter dan perilaku yang lebih homogen, masing-masing segmen pasar dapat dipenuhi kebutuhannya lebih baik. Dengan kata lain, masing-masing kelompok pasar dipenuhi oleh produk dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Perusahaanpun akan lebih kompeten dalam melayani kebutuhan-kebutuhan masing-masing segmen pasar.

Basis Segmentasi Pasar Konsumen :

1. Geografis ( wilayah, pemukiman, perkotaan, dll )
Pasar daat dibedakan menurut batas-batas wilayah atau daerah.
2. Demografis ( usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dll )
Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan, misalnya perbesaan usia. Perilaku pasar kanak-kanak akan bebeda dengan pasar dewasa.
3. Psikografis ( sikap, motivasi, persepsi, dll )
Pasar dapat dibedaan menurut perbedaan misalnya sikap konsumen terhadap produk tertentu.
4. Kebiasaan ( membeli, mengkonsumsi, dll )

Segmentasi pasar diperlukan karena :

1. Perusahaan dapat lebih baik memahami perilaku segmen-segmen pasar homogen sehingga dapat lebih baik dalam melayani kebutuhan konsumen. Program pemasaran dapat diarahkan sesuai dengan perilaku dan kebutuhan masing-masing segmen pasar.
2. Apabila pasar terlalu luas dan berperilaku sangat beragam, perusahaan dapat memilih satu atau beberapa segmen pasar saja. Sehingga kapasitas pasar dapat lebih sesuai dengan luas segmen-segmen pasar yang terbentuk.

Kriteria efektifitas segmentasi pasar :

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar segmentasi pasar dapat efektif, yaitu:
1. Bermanfaat
2. Dapat dijangkau ( accessable )
3. Cukup besar ( dalam perolehan laba )
4. Dapat dilaksanakan




Segmentasi manfaat untuk “ Air Mineral “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga terjangkau Pelajar Pengguna berat Orientasi otonom
Medis :
- Menghilangkan dehidrasi
- Menjaga daya tahan tubuh

Semua usia

Pengguna berat

Gaya hidup
Rasa :
- Netral Keluarga Pengguna berat Gaya hidup
Kemasan :
- Menarik
- Mudah dibawa kemana-mana
Pelajar
Pengguna berat Orang yang melakukan banyak aktifitas
Ukuran :
- Kecil
- Sedang
- Besar
Semua usia
Pengguna berat Orang yang melakukan banyak aktifitas




Segmentasi manfaat untuk “ Shampo “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga murah Keluarga besar Pengguna berat Orientasi otonom
Medis :
- Menghilangkan ketombe
- Menyehatkan kulit kepala

Laki-laki

Pengguna berat
Rambut berketombe
Efek positif :
- Menghaluskan rambut
- Rambut berkilau

Perempuan

Pengguna berat

Rambut kering
Keharuman :
- Harum buah Anak-anak Pecinta buah Gaya hidup
Kemasan :
- Menarik Perempuan Dinamis Dinamis



Segmentasi manfaat untuk “ Deterjen “ :

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga terjangkau Ibu rumah tangga Pengguna berat Orientasi otonom
Jenis :
- Bervariasi Ibu rumah tangga Dinamis Dinamis
Bentuk :
- Bubuk Ibu rumah tangga Pengguna berat Gaya hidup
Mutu :
- Membersihkan pakaian
- Melembutkan pakaian
- Mencerahkan warna pakaian

Keluarga

Pengguna berat

Gaya hidup
Keharuman :
- Pakaian lebih harum tahan lama
- Menyegarkan pakaian

Keluarga

Pengguna berat

Gaya hidup



Segmentasi manfaat untuk “ Body Lotion “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga terjangkau Perempuan Pengguna berat Orientasi otonom
Medis :
- Mengencangkan kulit
Wanita dewasa
Dinamis
Gaya hidup
Kemasan :
- Menarik Remaja Dinamis Gaya hidup
Ukuran :
- Mudah dibawa Perempuan Pengguna berat Orang yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan
Keharuman :
- Kulit lebih harum tahan lama Perempuan Pengguna berat Gaya hidup





Segmentasi manfaat untuk “ susu “

Segmen manfaat Demografis Perilaku Psikografis
Ekonomi :
- Harga terjangkau Keluarga Pengguna berat Orientasi ekonomi
Medis :
- Menguatkan tulang
- Manambah daya pikir otak

Keluarga

Dinamis

Gaya hidup
Rasa :
- Buah Anak-anak Pengguna berat Gaya hidup
Kemasan :
- botol kecil Anak-anak Pengguna berat Dinamis
Komposisi :
- Tidak mengandung pengawet
- Tidak mengandung pewarna


Keluarga


Pengguna berat


Gaya hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar